Data Quality Dimension

Akumulasi informasi dan pengelolaan pengetahuan (knowledge) yang menyeluruh dalam suatu organisasi membutuhkan manajemen informasi yang baik. Salah satu hal penting yang perlu diperhatikan dalam manajemen informasi yaitu kualitas data (data quality).

Kualitas data kelihatan seperti konsep yang samar-samar namun apabilah kualitas data tidak ada, maka akan menghambat kemampuan organisasi untuk mengakumulasi dan mengelolah pengetahuan dengan efektif.  Pengelolaan kualitas data menggunakan konsep dan praktek total quality management (TQM) untuk perbaikan terus-menerus (continuous improvement). Untuk melakukan perbaikan terus menerus membutuhkan kriterian dan ukuran yang tetap dan dipantau terus-menerus, nah berikut ini adalah kriteria/dimensi yang dapat digunakan untuk manajemen kualitas data yang dikategorikan menjadi lima.

Dimensi/karakteristik kualitas data digunakan untuk mengidentifikasi kebutuhan kualitas data pengguna, menggambarkan fitur produk kualitas data yang diiginkan, mengukur level kuaitas data dan mengidentifikasi gap dan kemungkinan untuk meningkatkan kualitas data.

Dimensi/karakteristik kualitas data kelompokkan menjadi lima kategori namun yang sering digunakan adalah kategori data value.

Referensi:
[1] Loshin David (2001), Enterprise Knowledges Management The Data Quality Approach, Morgan Kaufmann
[2] Mark Mosley (2008), Dictionary of Data Management, Technics Publications, LLC New Jersey

4 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s