Unlimited Flash – Basic

Telkomsel meluncurkan paket internet Flash Unlimited akses yang tidak  mengenal batasan waktu, batasan kapasitas, ataupun pengenaan biaya kelebihan pemakaian yang pada umumnya digunakan. Dengan adanya terobosan paket berlanggan ini pengguna internet seperti saya ini dapat menikmati akses internet dengan biaya yang murah dan terjangkau.

Tarif paket unlimited ini dibagi menjadi tiga berdasarkan kecepatan akses : 1) kecepatan mencapai 256 Kbps – Rp 125rb , 2) kecepatan mencapai 512 Kbps – Rp 225rb 3) kecepatan mencapai 3.6 Mbps – Rp 400rb. Walaupun paket ini disebut unlimited namun tetap saja diberi batasan 3 GB (volume akses yang wajar) yang digunakan untuk membatasi kecepatan akses apabila sudah lebih 3GB, info lengkapnya bisa liat disini

Salah satu kebiasaan saya menggunakan jaringan yang baru biasanya saya ukur bandwidth untuk mengetahui berapa kecepatan downloadnya, gambar dibawah ini hasil pengukurannya. Bila dibandingkan dengan hasil pengukurannya  axis dan im3 yang ada ditulis saya terdahulu beda kecepatanya sangat jauh. Axis dan im3 dapat mencapai 20.11 Kbps dan 24.68 Kbps sedangakan Telkomsel flash unlimeted basic hanya 2.5 Kbps.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kecepatan akses :

  • Jaringan yang digunakan, apakah itu HSDPA/3G/EDGE/GPRS. Belum semua base station (BTS) dari setiap operator sudah mendukung jaringan HSDPA/3G sehingga kadang saat melakukan akses tidak selalu mendapatkan jaringan HSDPA/3G.
  • Banyaknya jumlah pengakses, karena jaringannya digunakan bersama (sharing) dengan semua pelanggan.
  • Berikut ini tidak terkait langsung dengan kecepatan akses namun biasanya mengganggu kelangsungan koneksi dimana kadang kita telah mendapatkan jaringan HSDPA namun berpindah lagi ke 3G atau EDGE sehigga mengakibatkan akses internet jadi terputus dan harus melakukan refresh. Hal ini bisa disebabkan karena posisi kita berada menjauh dari BTS atau adanya penambahan jumlah pengases sehingga BTS secaya otomati menurunkan qualitas layanannya atau bisa saja posis kita berada pada perbatasan sel antar dua BTS sehingga mendapatkan sinyal dari dua BTS bergantian.

3 comments

  1. ~ apiqquantum: recomendasinya tergantung kebutuhan masing-masing kalau ingin akses dengan cepat tinggi maka pilih yang kecepatan downloadnya besar namun harus mengkonpensasi biayanya.

  2. saya beli unlimited yg 50000, belum 5 hr udah habis pulsanya dan modar gak bisa internetan lagi, yg di maksud unlimited apa sih, ktnya 14 hr gak kena biaya. tq

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s