Mudahnya Berselancar di dunia maya

Menurut pengamatan saya . . . tiga atau empat tahun belakangan ini menggunakan internet untuk mengirim email, membaca berita, dan mencari informasi untuk hobby maupun untuk pekerjaan sudah merupakan hal yang biasa bagi generasi yang telah mengenal komputer dan internet. Banyak dan beragamnya content yang tersedia di jaringan internet memberikan nilai tambah dalam perbendaharaan data, informasi dan pengetahuan sebagai contoh salah satu content yang memberikan sumbagan terbesar dalam menyediakan data, informasi dan pengetahuan secara kolektif adalah wikipedia.org.

Kehadiran google sebagai search engine memberikan kemudahann dalam melakukan pencarian data, informasi dan pengetahuan dari berbagai content yang tersebar di jaringan internet. Sehingga tidak heran apabila sekarang kita mengalami kesulitan dalam memecahkan suatu masalah biasanya kita mendapatkan saran untuk coba bertanya pada profesor google dan profesor wiki.

Dulu ( tiga atau empat tahun yang lalu) ketika ingin melakukan akses ke jaringan internet semua harus bebayar baik itu melalui warnet-warnet, ataupun berlanggan pada operator telekomunikasi atau internet provider, pada masa itu yang memberikan akses gratis ke jaringan internet hanya ada di kampus-kampus itupun kalau masih memiliki stastus sebagai mahasiswa yang memiliki akses ke lab he . . . .

Saat ini untuk melakukan koneksi ke jaringan internet tidak begitu sulit lagi, banyak hotspot yang tersebar di hampir semua Mall, Coffee Shop, Lobby Hotel, Gedung-gedung Perkantoran, Food Core, dan tempat lainnya; Bahkan saat ini di tempat-tempat tersebut di berikan akses hot spot gratis oleh ISP (Internet Service Provider) yang bekerjasama dengan pemilik tempat-tempat tersebut. ISP di bandung yang telah memberikan layanan hot spot gratis yaitu Speedy, Melsa dan ANZ.

Dari berita yang saya peroleh pada tahun ini sejumlah penyedia jasa Internet (Internet service provider) di Bandung akan memperluas jaringan hot spot gratis dibeberapa pusat keramaian tahun ini. PT Telkom Divre III Jabar-Banten akan mengadakan sepuluh titik hot spot di Bandung, menyusul penyediaan perdana di Bandung Electronic Mall sedangkan PT Melvar Lintasnusa (Melsa) menargetkan memasang 45 Hotspot dari 26 titik saat ini.

Kebutuhan akan akses ke jaringan internet sudah cukup tinggi hal ini ditunjukan data durasi penggunaan hot spot gratis melsa rata-rata 1.5 jam per usernya . . . memang sudah tidak dipungkiri lagi bahwa kebutuhan akan akses ke jaringan yang menuju kearah konvergen semakin lama semakin bertambah sehingga membawa kita pada suatu lingkungan penggunaan teknologi informasi yang makin pervasive.

2 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s