Akibat Tidur Larut Malam

Kerjaan masih numpuk ………, sedangkan dateline harus ditepati akhinya lembur deh ….
Karena siangnya ngak sempat ngecek email, akhirnya disempatin ngecek email malam hari sambil nunggu kiriman materi …… eh dapat email forward dari teman ….. (thanks yah nat2…….) subject-nya Jangan Tidur Larut Malam.

Dari isi email itu saya temukan artikel yang membahas mengenai kesalah pahaman memvonis seseorang itu sehat hanya ditunjukan dari indeks pemeriksaan fungsi hati (Liver Function Index) sehingga bila didapatkan bahwa fungsi hati menunjukan indeks yang normal maka semuanya OK. Namun penemuan oleh para dokter National Taiwan Hospital baru-baru ini mengejutkan dunia kedokteran karena ditemukan kasus seorang dokter muda berusia 37 tahun yang selama ini sangat mempercayai hasil pemeriksaan fungsi hati (GOT,GPT), tetapi ternyata saat menjelang Hari Raya Imlek diketahui positif menderita kanker hati sepanjang 10 cm!.
Kesalahpahaman macam ini ternyata juga dilakukan oleh banyak dokter spesialis. Benar-benar mengejutkan, para dokter yang seharusnya memberikan pengetahuan yang benar pada masyarakat umum,ternyata memiliki pengetahuan yang tidak benar. Pencegahan kanker hati harus dilakukan dengan cara yang benar.Tidak ada jalan lain kecuali mendeteksi dan mengobatinya sedini mungkin,demikian kata dokter Hsu Chin Chuan.
Lalu apa hubungannya dengan tidur larut malam ……………………..? Ternyata Tidur Larut Malam dan Bangun Terlalu Siang adalah penyebab utama kerusakan hati, dan penyebab lain adalah Tidak buang air di pagi hari, Pola makan yang terlalu berlebihan, Tidak makan pagi, Terlalu banyak mengkonsumsi obat-obatan, Terlalu banyak mengkonsumsi bahan pengawet, zat tambahan, zat pewarna,Pemanis buatan, Mengkonsumsi makanan yang digoreng dengan minyak goreng yang tidak sehat, Mengkonsumsi makanan Mentah.
Nah pencegahannya mudah tidak perlu mengelurakan biaya yang mahal …. hanya perlu mengatur gaya hidup dan pola makan sehari-hari.
Perawatan dari pola makan dan kondisi waktu sangat diperlukan agar tubuh kita dapat melakukan penyerapan dan pembuangan zat-zat yang tidak berguna sesuai dengan jadwalnya.

Jadwal penyerapan dan pembuangan zat-zat
Malam hari pukul 09.00-11.00 :adalah masa pembuangan zat- zat tidak berguna/beracun(de-toxin) di bagian sistem antibodi (kelenjar getah bening).Selama durasi waktu ini seharusnya dilalui dengan suasana tenang atau mendengarkan musik. Bila saat itu seorang ibu rumah tangga masih dalam kondisi yang tidak santai seperti misalnya mencuci piring atau mengawasi anak belajar, hal ini dapat berdampak negatif bagi kesehatan.
Malam hari pukul 11.00 – dini hari pukul 01.00 :saat proses de-toxin di bagian hati, harus berlangsung dalam kondisi tidur pulas.
Dini hari pukul 01.00-03.00 :proses de-toxin di bagian empedu, juga berlangsung dalam kondisi tidur.
Dini hari pukul 03.00-05.00 :de-toxin di bagian paru-paru. Sebab itu akan terjadi batuk yang hebat bagi penderita batuk selama durasi waktu ini. Karena proses pembersihan (de-toxin) telah mencapai saluran pernafasan, maka tak perlu minum obat batuk agar supaya tidak merintangi proses pembuangan kotoran.
Pagi pukul 05.00-07.00 :de-toxin di bagian usus besar, harus buang air di kamar kecil.
Pagi pukul 07.00-09.00 :waktu penyerapan gizi makanan bagi usus kecil, harus makan pagi. Bagi orang yang sakit sebaiknya makan lebih pagi yaitu sebelum pukul 6:30. Makan pagi sebelum pukul 7:30 sangat baik bagi mereka yang ingin menjaga kesehatannya. Bagi mereka yang tidak makan pagi harap merubah kebiasaannya ini, bahkan masih lebih baik terlambat makan pagi hingga pukul 09.00-10.00 daripada tidak makan sama sekali.

 

7 comments

  1. Apa ada sumber aslinya, karena saya melihat beberapa kejanggalan dari berita ini, jangan-jangan cuma hoax, walaupun beberapa poin ada yg benar, tapi naya yang ga nyambung…

  2. Saya memperoleh artikel ini dari milis jadi tidak begitu jelas dari mana sumber aslinya, tapi dianggap sebagai hoax saya rasa tidak, toh kalau diikutinpun tidak merugikan malah bagus kan ..? ‘Tidur tidak terlalu malam dan bangun tidak kesiangan

  3. Begadang .. jangan begadang … kalo tiada artinya …….

    Begadang boleh saja …. kalo ada perlunya …..

    Song by : Primus Irama

  4. wah…q kayaknya harus bobok cepet niiii
    ————————————————-

    permisi numpang komen ^^
    met kenal yaaaa….

    ————————————————-
    Live life to the fullest

  5. Salam bwt semua…
    Sama spt Sdr Widodo Irawan, saya juga sedikit meragukan informasi ini. Jika hati hanya mendetoksifikasi darah pada jam-jam tertentu saja, itu patut dipertanyakan cz toksik di tubuh beredar tiap detik. Padahal berliter-liter darah juga melalui hati tiap menitnya. Bagaimana nih…

  6. Salam bwt semua…
    Sama spt Sdr Widodo Wirawan (maaf yang di atas salah ketik…), saya juga sedikit meragukan informasi ini. Jika hati hanya mendetoksifikasi darah pada jam-jam tertentu saja, itu patut dipertanyakan cz toksik di tubuh beredar tiap detik. Padahal berliter-liter darah juga melalui hati tiap menitnya. Bagaimana nih…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s